Tuesday, August 2, 2016

Komponen Utama Komputer (Hardware, Software, dan Brainware)

Kali ini saya akan memberikan sebuah artikel/materi mengenai komponen-komponen komputer yang terdiri dari Hardware, Software, dan Brainware.

 
Perangkat Keras Komputer (Hardware)
Perangkat keras komputer atau yang lebih sering disebut hardware adalah perangkat fisik yang bisa disentuh, diraba dan dilihat dan fungsinya adalah untuk membantu proses komputerisasi. Secara umum hardware dibagi menjadi beberapa macam yaitu :
 
 
 
1. Perangkat masukan (Input Device)
Input Device adalah hardware yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah untuk diolah oleh komputer sehingga menjadi sebuah informasi. Input device dibagi menjadi 2 yaitu :
  • Input langsung , yaitu input yang dimasukan langsung oleh alat pemroses. Contoh : mouse, keyboard, dll.
  • Input tidak langsung, yaitu input yang terlebih dahulu disimpan di media tertentu sebelum input diproses oleh alat pemroses. Contoh : disket, harddisk, dll.
Dan berikut adalah macam-macam dari alat input :
a.  Keyboard
Keyboard adalah papan yang berisi huruf dan angka dan digunakan untuk memasukan huruf dan angka ke dalam komputer. Jenis-jenis keyboard : QWERTY,DVORAK, dan KLOCKENBERG.
b.  Mouse
Mouse adalah perangkat yang digunakan untuk menggerakan krusor. Port yang digunakan mouse adalah port PS2, serial, USB, dan wireless.
c.  Joystick
joystick adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
d.  Scanner
Scanner adalah alat yang digunakan untuk membaca sebuah dokumen baik gambar maupun teks yang dapat disimpan secara digital di komputer.
e.  Touch Pad
Unit masukan ini bisa kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya digunakan sebagai pengganti mouse.
f.  CD ROM/DVD ROM
Unit masukan ini berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD (Compac Disk) atau DVD.
g.  WebCam
WebCam adalah kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor komputer dan dapat menangkap video serta gambar, Kemudian langsung menyimpanya dalam Hard Drive komputer kita.
h.  Barcode Reader
Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan kedalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk seperi makanan, minuman, alat elektronik yang digunakan di supermarket untuk mengidentifikasi produk yang dijual dengan barcode.
i.  Microphone
Mikrofon adalah alat input untuk memasukan data berupa suara.
j.  Ligh Pen
Ligh pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor).
2. Perangkat Pemrosesan (Process Device)
Perangkat ini berada di dalam komputer yang biasa disebut dengan Central Processing Unit atau yang lebih akarab disebut dengan CPU. CPU yang berfungsi sebagai pengolah data sehingga menjadi sebuah informasi.  Contoh Perangkat Pemrosesan adalah :
a.  Processor
Processor adalah hardware yang mampu memproses data dalam bentuk apapun. Processor yang terkenal jaman sekarang adalah core i3, core i5, core i7. Tapi yang paling lumrah dan sebagai processor default laptop jaman sekarang adalah Core i3. Didalam processor ada 3 hal yang penting yang perlu diperhatikan :
  • Primary Storage, adalah ukuran besarnya possessor yang biasa disebut main memory.
  • Arithmatic and logic unit, adalah suatu alat yang bertugas melakukan operasi operasi penghitungan dan logika komputer.
  • Control Unit, adalah suatu alat pengontrol yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan di dalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahukan arithmetic and logic unit mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data diperoleh, dan letak hasil ditempatkan.
b.  Mother Board
Mainboard merupakan Papan induk penghubung semua alat penghubung semua hardware processing dari procesor sampai DVD-RAM.
c.  VGA Card
Hardware yang berfungsi untuk memproses data grafis. Misalkan dalam bermain sebuah game, VGA Card tersebut mengolah grafis yang ada dalam sebuah game tersebut.
d.  Sound card
Sound card yaitu komponen pada komputer yang berfungsi sebagai pengolah suara. Data suara diproses oleh kartu suara ini kemudian outputnya dapat didengar melalui speaker. Secara umum sound card sudah ada pada motherboard.
e.  Power supply
Power supply yaitu komponen dalam cpu yang berfungsi mengalirkan arus listrik ke setiap perangkat cpu. Perangkat yang dihubungkan langsung oleh power supply contohnya adalah hard disk, floppy drive, cd/DVD ROM, dan motherboard itu sendiri.
3. Perangkat Keluaran ( Output Device )
Unit keluaran atau Output device adalah perangkat keras komputer yang berguna untuk menampilkan hasil proses dari processing unit berupa informasi. Beberapa contoh dari Output device adalah sebagai berikut :
a.  Monitor
Monitor merupakan salah satu dari output device yang menghasilkan gambar. Port yang digunakan untuk monitor adalah Port VGA. Ada beberapa jenis monitor yaitu: monitor tabung yaitu monitor yang besar yang biasanya digunakan untuk komputer versi dulu, Monitor LCD (Liquid Crystal Display) yang permukaannya datar sehingga lebih keren dan praktis gambar yang dihasilkan juga lebih bagus.
b.  Printer
Printer yaitu peralatan keluaran yang digunakan untuk mencetak data/informasi dari komputer dengan kertas. Beberapa Jenis Printer antara lain adalah:
  • Printer Dot Matrik yaitu: Terbuat dari potongan baja yang akan mengenai kertas lewat pita bertinta untuk membentuk pola titik-titik kecil yang bergabung untuk mencetak grafis atau teks.
  • Printer Ink jet yaitu : Mencetak gambar atau karakter dengan moncong kecil yang dapat memancarkan tinta pada kertas.
  •  Printer Laser yaitu: Menggunkan sinar laser untuk mengubah data biner menjadi cetakan.
c.  Ploter
Plotter pada prinsipnya sama dengan printer. Hanya saja secara ukuran plotter memiliki lebar yang jauh lebih panjang daripada printer. Plotter biasanya digunakan untuk mencetak gambar, grafik, atau disain teknik yang berukuran besar.
d.  LCD Proyektor
LCD Proyektor adalah alat yang befungsi memproyeksikan atau memancarkan data atau slide yang bersumber dari komputer. Yang tidak kalah penting dalam pemakaian LCD Projector adalah screen projector. Screen projector adalah layar yang digunakan sebagai tempat dipancarkannya sinar LCD Projector.
e.  Speaker
Speaker adalah Output device yang menghasilkan suara misalnya anda memutar lagu di komputer anda tanpa speaker tidak akan ada suara yang dihaslkan. Dengan demikian maka fungsi speaker adalah untuk mengeluarkan suara.
4. Perangkat Penyimpanan (storage device)
Unit penyimpanan atau Storage Device adalah suatu media yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen dan dalam jangka waktu yang lama sehingga data tersebut sewaktu-waktu dapat dibuka dan dibaca lagi. Ada beberapa 2 macam media penyimpanan yaitu :
a.  Memory Internal
Yaitu memory yang dapat diakses secara langsung oleh proscessor. Memory internal dibagi menjadi 2 yaitu :
  • RAM (Random Acess Memory), yaitu media penyimpanan sementara yang prinsipnya jika komputer hidup data yang sedang diproses akan terus diproses, jika komputer dimatikan data yang diproses akan hilang karena bersifat sementara.
  • ROM (Read Only Memory), yaitu media penyimpanan permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik dimatikan.
b.      Memory Eksternal
Yaitu memory tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data/program. Memory eksternal dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu :
  • Hard Disk, adalah media penyimpanan yang berguna untuk menyimpan file dengan kapasitas besar. Hard disk biasanya dipasang di dalam komputer tetapi sekarang sudah ada hardisk yang bisa dibawa kemana-mana dengan mudah yang menggunakan port USB sebagai media penghubungnya.
  • Disket (Floppy Disk), adalah tempat penyimpanan data yang berupa cakram (disk), kapasitas penyimpanan disket mulai dari 360 kb sampai dengan 1,2 MB.
  • Compact Disk (CD), adalah media berbentuk piringan yang berfungsi menyimpan data hingga 700 Megabyte. Informasi dilacak dari CD dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang ditempatkan didalam optical disk player atau disk unit.
  • Flash disk, fungsi utama flash disk sebagai media penyimpanan data. Alat ini berukuran kecil dan sangat mudah dipindah-pindah. Untuk mengakses flashdisk ini cukup dengan menancapkan pada port USB dan secara otomatis sistem operasi akan langsung mendeteksi.

5. Peripheral Device (Perangkat Tambahan) 

Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalam casing.
  • Peripheral utama (main peripheral), yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh periferal utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse.
  • Peripheral pendukung (auxillary peripheral), yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.
=========================================================
Perangkat Lunak Komputer (Software)
Software adalah sebuah program atau kumpulan intruksi yang dibuat untuk melakukan pengolahan data. Secara umum perangkat lunak terdiri dari beberapa jenis yaitu :
1.   Sistem Operasi (Operating System)
Merupakan sebuah program yang berfungsi untuk mengolah segala proses dan mengelola program-program di dalam komputer. Sistem operasi dibagi menjadi 2 macam yaitu :
a.  Open Source
Yaitu sistem operasi dimana kode program terbuka dan disediakan oleh pengembanganya secara umum agar dapat dipelajari, diubah atau dikembangkan lebih lanjut, dan disebar  luaskan. Contoh : Linux, Open solaris dan solaris, Anrdroid.
b.  Close Source
Yaitu sistem operasi yang kodenya tidak dibuka untuk umum, pemilik kode yang close source bisa membagi source kodenya melalui lisensi dengan geratis atau berbayar. Contoh : Microsoft Windows.
2.  Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Merupakan bahasa yang digunakan untuk menghubungkan user dengan komputer. Bahasa komputer dapat dibagi menjadi 3, yaitu :
  • Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya. Contoh : Bahasa biner, Bahasa Assembly. Kelebihan : eksekusinya cepat, program bisa langsung dijalankan. Kelemahan : sulit dipahami, instruksi-instruksi yang ada terbatas, programnya terlalu pamjang.
  • High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Contoh : Fortan, Assembly, Basic, Pascal, dll. Kelebihan : mudah dipahami, instruksi lebih lengkap. Kelemahan : eksekusi lambat, program tidak bisa langsung dijalankan.
  • Generasi ke 4, merupakan bahasa yang sangat mudah dipahami karena menggunakan bahasa inggris. Contoh : HTML.
3.      Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi dapat digolongkan menjadi :
a.  Pengolah Kata
Merupakan sebuah program yang berfungsi untuk menyunting naskah atau mengolah kata seperti membuat surat, brosur, naskah, dan dokumen lainya. Contoh : Microsoft Word, Lotus Ami Pro, WordPerfect, dll.
b.  Pengolah Angka
Merupakan program aplikasi yang digunakan untuk mengolah data angka secara berkolom dan tabel yang memerlukan perhitungan matematika, pembuatan tabel, grafik, dan sebagainya. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv, Lotus 123, OpenOffice calc, dll.
c.  Pengolah Presentasi
Merupakan sebuah program yang digunakan untuk mempresentasikan suatu produk atau proyek agar dalam penyampaian tidak membosankan dan menarik. Contoh : Microsoft Power Point, Presentation, Impress, dan Macromedia flash.
d.  Data Base
Merupakan program yang digunakan untuk mengatur informasi-informasi sehingga dapat memudahkan pencarian atau penyimpanan. Dengan software ini pengguna dapat membangun, mengakses, mengolah dan membuat laporan dari file-file buatanya sendiri. Contoh : dBase III, FoxPro, Microsoft Access, Paradox, dll.
e.  Pengolah Grafis
Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat/mengedit gambar/graphics. Contoh : CorelDraw, Adobe Photoshop, Photoscape, dll
f.  Multimedia
Merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player, dll. Contoh : WinAmp, VLC, Windows Media Player, dll.
g.  Pengolah Rancang Bangun
Software ini pada dasarnya dipakai untuk pembuatan rancang bangun (design) sebuah benda, ruangan, bangunan gedung, peta kota dan sebagainya. Contoh : AutoCAD, ProDesign, dan DR Hallo.
h.  Pengolah Statistik
Software ini dipakai untuk meecahkan permasalahan statistik baik di bidang Ekonomi, teknik, kesehatan, sosial dan budaya. Contoh : SPSS, Microstat, dan Mini Tab.
i.  Internet Browser
Merupakan suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web disuatu komputer. Contoh : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Safari, Google Chrome, dll.
=========================================================
Pengguna (Brainware)
Brainware yaitu pemakai komputer  atau orang  yang mengoperasikan komputer (User), karena secanggih apapun komputer jika tidak ada orang mengopersikannya  maka komputer tersebut tidak dapat digunakan. User  atau pemakai komputer dibagi menjadi beberapa macam yaitu:
1.  Analis sistem
adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Analis sistem memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. Seorang analis sistem harus memiliki setidaknya empat keahlian: analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Pada dasarnya seorang analis sistem melakukan hal-hal berikut :
  • Berinteraksi dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan mereka.
  • Berinteraksi dengan desainer untuk mengemukakan antarmuka yang diinginkan atas suatu perangkat lunak.
  • Berinteraksi ataupun memandu programer dalam proses pengembangan sistem agar tetap berada pada jalurnya.
  • Melakukan pengujian sistem baik dengan data sampel atau data sesungguhnya untuk membantu para penguji.
  • Mengimplementasikan sistem baru.
  • Menyiapkan dokumentasi berkualitas.
2.  Progaramer
Programer yaitu orang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman. Programer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.
3.  Operator
adalah manusia yang bertugas melayani dan menjalankan sistem dan peralatan yang ada hubungannya dengan komputer, seperti menyiapkan data untuk diakses, merawat sistem komputer, dsb.
4.  Administrator
Adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer.

1 comment:

Toko Komputer Online Terpercaya said...

Trims ya infonya, bermanfaat sekali.
Jika berkenan ditunggu kunjungan baliknya ke Web saya : Agres.ID atau cek di sini https://linktr.ee/agres

Post a Comment